3.3.a.10 AKSI NYATA PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
3.3.a.10
AKSI NYATA
PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
AMNA
HASNAWATI, S.T, M.PD
CGP
ANGKATAN 3 KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
FASILITATOR:
DRA. WIWI PARLUKI, M.PD
PENDAMPING
PRAKTIK: NANCY F. RASYID SIREGAR
NAMA
PROGRAM
Optimalisasi Akun Belajar.id Siswa
dalam pembelajaran
1. Peristiwa ( Fact)
A. Latar Belakang
Maksud pendidikan menurut KHD adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang
ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan
setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.
Untuk mewujudkan pengelolaan program yang berdampak
pada murid, maka dalam pembelajaran di kelas BK TIK , program yang akan
dilaksanakan adalah optimalisasi akun belajar.id. program ini dapat menjadi
kolaborasi yang baik antara guru dan murid, tidak hanya dalam pelajaran BK TIK.
setelah diperhatikan tidak semua murid memanfaatkan keunggulan dari belajar.id
karena kurangnya pengetahuan mereka tentang manfaat akun tersebut,
keunggulannya antara lain adalah kapasitas yang tidak terbatas, dan kemudahan
menggunakan aplikasi pendidkan premium secara gratis , contohnya canva.
program optimalisasi akun belajar.id ini memenuhi 3 aspek untuk
menumbuhkan kepeminpinan murid. Voice, dengan melibatkan murid mengaktifkan
akunnya sendiri dengan didampingi guru. Pilihan, Memberikan kesempatan murid
untuk mengelola email pada akun belajar masing masing. Kepemilikan, dengan
mengajak murid mendaftar pada sebuah aplikasi premium pendidikan menggunakan
akun belajar.id masing-masing. Program ini dapat terlaksana dengan baik dengan memaksimalkan aset yang
ada disekolah yang meliputi :
Modal sosial, yaitu dukungan kepala sekolah, komunitas
praktisi yang membantu mengenalkan canva kepada siswa. Modal fisik lab computer . modal politik mendukung program pemerintah dan
terintegrasi dengan dapodik. Berkaitan dengan visi misi sekolah adalah budaya
positif jiwa pembelajar
TOLAK UKUR
- Setiap murid menggunakan akun belajar.id untuk fasilitas utama gmail yaitu email, drive dan gmeet.
- Setiap murid menggunakan akun belajar.id untuk mengakses aplikasi canva for education
- Aksi nyata ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang dibantu oleh komunitas praktis
- B. Tujuan Program
Mengingat kerja keras pemerintah
dalam memajukan pendidikan, sehingga setiap siswa diberikan akun belajar.id
tetapi siswa belum maksimal menggunakannya bahkan belum mengaktifkannya, maka program
ini diharapkan dapat mengoptimalkan akun tersebut.
·
Membangun kesaradaran murid pentingnya mempelajari
teknologi
·
Meningkatkan cara berfikir murid
·
Meningkatkan kemampuan siswa dalam pemanfaatan
teknologi
·
Melatih murid untuk menggunakan teknologi dalam
pembelajaran ditengah pandemi
·
Menciptakan interaksi sesama murid atau dengan guru
dalam masa pembelajaran jarak jauh
C. Hasil Aksi Nyata
Akun Belajar.id Siswa telah dibagikan sejak awal tahun ajaran baru. Tetapi hanya
sejumlah siswa yang mengaktifkan, hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi tentang
manfaat akun belajar.id. Kurangnya sosialisasi disebabkan
pembelajan dilakukan secara daring, sehingga ada informasi yang terlewatkan oleh siswa. karena tidak ada pemantauan dari sekolah maka siswa pun tidak
segera mengaktifkn akun belajar.id.
pengaktifan akun ini dibantu oleh komunitas praktisi SMAN 1 PALAS dengan
jadwal sebagai berikut:
Untuk kelas xii di minggu berikutnya dengan waktu yang lebih fleksibel.
Capaian persentasi awal pengkatifan akun
belajar.id sman 1 palas awalnya hanya 26%, dan setelah dilakukan pengaktifan
massal maka didapatkan sebagai berikut:
Capaian pertemuan pertama pengaktifan massal 59 %
Capaian pertemuan kedua pengaktifan massal 64%
Capaian pertemuan kedeua pengaktifan massal 64%
Pertemuan selanjutnya akan tetap
diadakan, untuk memaksinalkan keaktifan akun belajar.id siswa. Berikut adalah dokumentasi kegiatan
Pengaktifan akun canva dengan bantuan komunitas praktisi
Pengaktifan di lab computer menggunakan pc dan di kelas menggunakan laptop
Berikut Langkah Langkah pengaktifan akun belajar .id oleh siswa
siswa di minta membuat password baru
siswa mendaftar ke aplikasi canva menggunakan akun belajar.id
1. Perasaan (Feelings)
Saya merasa sangat senang dan bermanfaat
bagi siswa karena dengan memfasilitasi siswa untuk mengaktifkan
akun belajar.id, banyak manfaat yang dapatkan siswa. Siswa sangat antusias dan
bersemangat menggunakan akun belajar.id setelah m mengetahui manfaat dan
fasilitas yang didapat dari akun tesebut, terutama dalama pembelajaran dan
menggunakan canva untuk membuat presentasi dan berlatih membuat video
pembelajaran sendiri. Siswa merasa senang dengan semua fasilitas yang biasanya
terkunci oleh canva jika menggunakan akun pribadi tetapi bisa terbuka dan bisa
digunakan jika menggunakan akun belajar.id.
Memang diperlukan waktu yang lebih
banyak dan rutin agar siswa bisa menggunakan canva pro dengan lebih trampil. Dan
saya akan selalu terbuka untuk membantu siswa yang bertanya dan membutuhkan
bantuan. hal yang menonjol dalam pengakyifan akun belajar.id adalah profil Pancasila
yaitu mandiri, bernalar kritis dan kreatif.
2. .Pembelajaran (Findings)
Pembelajaran yang saya dapat dari pelaksanaan seluruh rencana aksi
nyata modul 3.3, yaitu sebagai berikut.
Ø Perlu ada kolaborasi dengan kepala sekolah , komunitas praktisi dan
rekan guru
Ø Perlu menghargai keanekaragaman peserta didik sebagai pribadi yang unik
dengan kemampuan dan kreativitas masing-masing.
Ø Perlu mengapresiasi dan memperhatikan suara, pilihan dan kepemilikan
murid dalam merencanakan dan melaksanakan suatu pembelajaran atau program.
Ø Suara, pilihan dan kepemilikan murid adalah hal yang dapat ditumbuhkan,
didorong dan dikembangkan agar profil pelajar pancasila dapat terwujud.
3. Penerapan Ke Depan (Future)
Rencana perbaikan untuk
pelaksanaan di masa mendatang yang akan dilakukan adalah sebagai berikut.
Ø Memperhatikan dan mempertimbangkan suara, pilihan dan kepemilikan murid
dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.
Ø membantu dan memotivasi siswa untuk
menggunakan fasilitas gmail yang disediakan dalam akun belajar.id
Ø Mengapresiasi dan mempertimbangkan kreativitas murid karena setiap
murid memiliki minat dan gaya belajar yang unik dan beragam.
Komentar
Posting Komentar