3.3.a.10 AKSI NYATA PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

3.3.a.10 AKSI NYATA

 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 



  

 

AMNA HASNAWATI, S.T, M.PD

CGP ANGKATAN 3 KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

FASILITATOR: DRA. WIWI PARLUKI, M.PD

PENDAMPING PRAKTIK: NANCY F. RASYID SIREGAR

 

NAMA PROGRAM

Optimalisasi Akun Belajar.id Siswa dalam pembelajaran


1.  Peristiwa ( Fact)

A.  Latar Belakang

 

Maksud pendidikan menurut KHD adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.

Untuk mewujudkan pengelolaan program yang berdampak pada murid, maka dalam pembelajaran di kelas BK TIK , program yang akan dilaksanakan adalah optimalisasi akun belajar.id. program ini dapat menjadi kolaborasi yang baik antara guru dan murid, tidak hanya dalam pelajaran BK TIK. setelah diperhatikan tidak semua murid memanfaatkan keunggulan dari belajar.id karena kurangnya pengetahuan mereka tentang manfaat akun tersebut, keunggulannya antara lain adalah kapasitas yang tidak terbatas, dan kemudahan menggunakan aplikasi pendidkan premium secara gratis , contohnya canva.

program optimalisasi akun belajar.id ini memenuhi 3 aspek untuk menumbuhkan kepeminpinan murid. Voice, dengan melibatkan murid mengaktifkan akunnya sendiri dengan didampingi guru. Pilihan, Memberikan kesempatan murid untuk mengelola email pada akun belajar masing masing. Kepemilikan, dengan mengajak murid mendaftar pada sebuah aplikasi premium pendidikan menggunakan akun belajar.id masing-masing. Program ini dapat terlaksana dengan baik dengan memaksimalkan aset yang ada disekolah yang meliputi :

Modal sosial, yaitu dukungan kepala sekolah, komunitas praktisi yang membantu mengenalkan canva kepada siswa. Modal fisik lab computer . modal politik mendukung program pemerintah dan terintegrasi dengan dapodik. Berkaitan dengan visi misi sekolah adalah budaya positif jiwa pembelajar

TOLAK UKUR

    • Setiap murid menggunakan akun belajar.id untuk fasilitas utama gmail yaitu email, drive dan gmeet.
    • Setiap murid menggunakan akun belajar.id untuk mengakses aplikasi canva for education

    • Aksi nyata ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang dibantu oleh komunitas praktis


  • B. Tujuan Program

Mengingat kerja keras pemerintah dalam memajukan pendidikan, sehingga setiap siswa diberikan akun belajar.id tetapi siswa belum maksimal menggunakannya bahkan belum mengaktifkannya, maka program ini diharapkan dapat mengoptimalkan akun tersebut.

·         Membangun kesaradaran murid pentingnya mempelajari teknologi

·         Meningkatkan cara berfikir murid

·         Meningkatkan kemampuan siswa dalam pemanfaatan teknologi

·         Melatih murid untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran ditengah pandemi

·         Menciptakan interaksi sesama murid atau dengan guru dalam masa pembelajaran jarak jauh

 

C. Hasil Aksi Nyata

Akun Belajar.id Siswa telah dibagikan sejak awal tahun ajaran baru. Tetapi hanya sejumlah siswa yang mengaktifkan, hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi tentang manfaat akun belajar.id. Kurangnya sosialisasi disebabkan pembelajan dilakukan secara daring, sehingga ada informasi yang terlewatkan oleh siswa.  karena tidak ada pemantauan dari sekolah maka siswa pun tidak segera mengaktifkn akun belajar.id.  pengaktifan akun ini dibantu oleh komunitas praktisi SMAN 1 PALAS dengan jadwal sebagai berikut: 





Untuk kelas xii di minggu berikutnya dengan waktu yang lebih fleksibel.

Capaian persentasi awal pengkatifan akun belajar.id sman 1 palas awalnya hanya 26%, dan setelah dilakukan pengaktifan massal maka didapatkan sebagai berikut:



Capaian pertemuan pertama pengaktifan massal 59 %


            Capaian pertemuan kedua pengaktifan massal 64%



             Capaian pertemuan kedeua pengaktifan massal 64%



Pertemuan selanjutnya akan tetap diadakan, untuk memaksinalkan keaktifan akun belajar.id siswa.  Berikut adalah dokumentasi kegiatan


Pengaktifan akun canva dengan bantuan komunitas praktisi


Pengaktifan di lab computer menggunakan pc  dan di kelas menggunakan laptop


Berikut Langkah Langkah pengaktifan akun belajar .id oleh siswa


siswa memasukkan akun belajar.id

 siswa di minta membuat password baru

siswa berhasil mengaktifkan akun dan masuk ke email belajar.id











siswa mendaftar ke aplikasi canva menggunakan akun belajar.id




 

1.  Perasaan (Feelings)

Saya merasa sangat senang dan bermanfaat bagi siswa karena dengan memfasilitasi siswa untuk mengaktifkan akun belajar.id, banyak manfaat yang dapatkan siswa. Siswa sangat antusias dan bersemangat menggunakan akun belajar.id setelah m mengetahui manfaat dan fasilitas yang didapat dari akun tesebut, terutama dalama pembelajaran dan menggunakan canva untuk membuat presentasi dan berlatih membuat video pembelajaran sendiri. Siswa merasa senang dengan semua fasilitas yang biasanya terkunci oleh canva jika menggunakan akun pribadi tetapi bisa terbuka dan bisa digunakan jika menggunakan akun belajar.id. 

 

Memang diperlukan waktu yang lebih banyak dan rutin agar siswa bisa menggunakan canva pro dengan lebih trampil. Dan saya akan selalu terbuka untuk membantu siswa yang bertanya dan membutuhkan bantuan. hal yang menonjol dalam pengakyifan akun belajar.id adalah profil Pancasila yaitu mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

 

2. .Pembelajaran (Findings)

Pembelajaran yang saya dapat dari pelaksanaan seluruh rencana aksi nyata modul 3.3, yaitu sebagai berikut.

Ø  Perlu ada kolaborasi dengan kepala sekolah , komunitas praktisi dan rekan guru

Ø  Perlu menghargai keanekaragaman peserta didik sebagai pribadi yang unik dengan kemampuan dan kreativitas masing-masing.

Ø  Perlu mengapresiasi dan memperhatikan suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam merencanakan dan melaksanakan suatu pembelajaran atau program.

Ø  Suara, pilihan dan kepemilikan murid adalah hal yang dapat ditumbuhkan, didorong dan dikembangkan agar profil pelajar pancasila dapat terwujud.

3.  Penerapan Ke Depan (Future)

 Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang yang akan dilakukan adalah sebagai berikut.

Ø  Memperhatikan dan mempertimbangkan suara, pilihan dan kepemilikan murid dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.

Ø  membantu dan memotivasi siswa untuk menggunakan fasilitas gmail yang disediakan dalam akun belajar.id

Ø  Mengapresiasi dan mempertimbangkan kreativitas murid karena setiap murid memiliki minat dan gaya belajar yang unik dan beragam.













Komentar

berita populer

CONTENT CREATOR

MENYISIPKAN FOTO PADA POSTINGAN