KONEKSI ANTAR MATERI
PRAKARSA
PERUBAHAN
·
Buatlah kesimpulan
tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam
Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa
mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar
sekolah.
Sebagai seorang pemimpin
baik di kelas maupun di sekolah, kita harus mampu mengidentifikasi dan
mengelola segala sumber daya (aset) yang dimiliki oleh sekolah untuk dapat
dijadikan sebagai keunggulan sekolah dalam rangka mendukung perwujudan visi dan
misi sekolah.
Sekolah sebagai sebuah
ekosistem adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik (unsur yang
hidup) dan abiotik (unsur yang tidak hidup). Kedua unsur ini saling
berinteraksi satu sama lainnya sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras
dan harmonis. Dalam ekosistem sekolah, faktor-faktor biotik akan saling
memengaruhi dan membutuhkan keterlibatan aktif satu sama lainnya.
Faktor-faktor biotik
yang ada dalam ekosistem sekolah antara lain sebagai berikut.
- Kepala
Sekolah
- Guru
- Staf/Tenaga
Kependidikan
- Pengawas
Sekolah
- Murid
- Orang
Tua
- Komite
Sekolah
- Masyarakat
sekitar sekolah
Selain faktor-faktor
biotik yang sudah disebutkan, faktor-faktor abiotik yang juga berperan aktif
dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Faktor abiotik yang ada dalam
ekosistem sekolah antara lain sebagai berikut.
- Keuangan
- Sarana
dan prasarana
Dalam rangka
mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid, sekolah akan berhasil jika
mampu memandang segala aset (sumber daya) yang dimiliki sebagai sebuah
keunggulan bukan memandang sebagai sebuah kekurangan. Sekolah akan berfokus
pada pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya yang dimiliki tanpa lebih banyak
memikirkan pada sisi kekurangan yang ada. Dalam pengelolaan sumber daya yang
dimiliki oleh sekolah ada 2 pendekatan yang dapat dilakukan yaitu:
- Pendekatan berbasis kekurangan/masalah
(Deficit-Based Thinking).
Pendekatan ini akan memusatkan perhatian kita pada apa yang mengganggu,
apa yang kurang, dan apa yang tidak bekerja. Segala sesuatunya akan
dilihat dengan cara pandang negatif. Kita harus bisa mengatasi semua
kekurangan atau yang menghalangi tercapainya kesuksesan yang ingin diraih.
Semakin lama, secara tidak sadar kita menjadi seseorang yang terbiasa
untuk merasa tidak nyaman dan curiga yang ternyata dapat menjadikan kita
buta terhadap potensi dan peluang yang ada di sekitar.
- Pendekatan berbasis aset (Asset-Based Thinking) adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh
Dr. Kathryn Cramer, seorang ahli psikologi yang menekuni kekuatan berpikir
positif untuk pengembangan diri. Pendekatan ini merupakan cara praktis
menemukan dan mengenali hal-hal yang positif dalam kehidupan, dengan
menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir, kita diajak untuk
memusatkan perhatian pada apa yang bekerja, yang menjadi inspirasi, yang
menjadi kekuatan ataupun potensi yang positif.
Berikut
perbedaan antara pendekatan berbasis kekurangan dengan pendekatan berbasis
aset. (Deficit Based Thinking dengan Asset Based Thinking )
Dalam pengelolaan dan
pemanfaatan sumber daya sebaiknya sekolah lebih menekankan pada pendekatan
berbasis aset. Selanjutnya pendekatan ini lebih dikenal dengan Pendekatan
Komunitas Berbasis Aset (PKBA).
Pendekatan PKBA
menekankan kepada kemandirian dari suatu komunitas untuk dapat menyelesaikan
tantangan yang dihadapinya dengan bermodalkan kekuatan dan potensi yang ada di
dalam diri mereka sendiri, dengan demikian hasil yang diharapkan akan lebih
berkelanjutan. Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset berfokus pada
potensi aset/sumber daya yang dimiliki oleh sebuah komunitas.
Menurut Green dan
Haines (2002) dalam bukunya yang berjudul Asset Building and Community
Development, ada 7 aset utama atau di dalam buku ini disebut sebagai modal
utama, yaitu:
Modal
Manusia, Modal Sosial, Modal Fisik, Modal Lingkungan/Alam, Modal Finansial,
Modal Politik, serta Modal Agama dan Budaya.
Untuk dapat
mengimplementasikan modul pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di kelas,
sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah, maka seorang pemimpin harus mampu berkolaborasi
dengan semua pihak yang terkait dengan sekolah
untuk dapat secara bersama-sama menginventarisir/memetakan segala sumber daya
(aset) yang dimiliki sekolah dan menjadikan segala aset tersebut sebagai
kekuatan yang dimiliki oleh sekolah untuk dikelola dan dimanfaatkan dalam
rangka meningkatkan mutu sekolah.
- Jelaskan dan berikan
contoh bagaimana hubungannya pengelolaan sumber daya yang tepat akan
membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.
Seorang pemimpin
sekolah harus mampu menggerakkan guru-guru yang ada di sekolah untuk dapat
melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan, dan juga
pembelajaran berdiferensiasi, sehingga pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru
lebih berpihak pada murid. Dengan sekolah mampu mewujudkan pembelajaran yang
berpihak pada murid maka segala minat, bakat, dan potensi yang dimiliki oleh
murid akan dapat berkembang dengan maksimal.
Untuk menggerakkan guru , maka di bentuklah sebuah komunitas praktisi
disekolah yang merupakan sara untuk berbagi praktek baik. Komunitas praktisi
ini diawali memang hanya dengan beberapa orang saja, tapi di harapkan ke depan
akan bertambah anggota yang saling berkolaborasi untuk menciptakan pembelajaran
yang berpihak pada murid.
- Berikan beberapa contoh bagaimana
materi ini juga berhubungan dengan materi lain yang Anda dapatkan
sebelumnya selama mengikuti proses Pelatihan Guru Penggerak.
- bagaimana hubungan antara
sebelum dan sesudah Anda mengikuti pelatihan terkait modul ini, serta
pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti
proses pembelajaran dalam modul ini.
Sebelum
mempelajari modul ini, saya ternyata memiliki cara berfikit DBT, meskipun pada
akhirnya saya bisa menemukan solusi dari masalah yang ada dengan memanfaatkan
potensi sekolah, tetapi yanh tidak saya sadari adalah, jika ternyata hanya
terfokus pada masalah dan saya tidak bisa menemukan solusi maka saya akan
berhenti melakukannya. Berbeda dengan ABT yang sejak awal telah memetakan asset
yang dimiliki sehingga kita dapat berkembang dari titik ini, menggunakan asset
yang ada.
Komentar
Posting Komentar